4 Program Unggulan MA Wahid Hasyim Yogyakarta

Madrasah Aliyah Wahid Hasyim yang menerapkan sistem pendidikan berbasisis pesantren memiliki 4 (empat) program unggulan, yaitu: Akhlakul Karimah, Tahfidzul Qur'an, Bahasa Asing dan Kitab Kuning. Keempatnya merupakan keunggulan lembaga pendidikan pesantren dibanding lembaga pendidikan yang lain.



Salah satu program unggulan yang dimiliki MA Wahid Hasyim ialah Akhlakul Karimah, setiap siswa (santri) diupayakan mendapatkan pembekalan serta pemahaman akan perihal Akhlak. Yang dimulai dari yang paling dasar, yakni apa itu akhlak, bagaimana itu akhlaq, dan cara berpraksis (praktik) seorang siswa (santri) terhadap ajaran Akhlakul Karimah. Yang kami maksudkan di sini yaitu berupa pengaplikasian (pengamalan) dari 4 pilar Kepondok Pesantrenan kami, yaitu salah satunya Akhlakul Karimah. Karena kami yakin al-adabu fauqo al-ilmi “adab itu diatas (lebih) ilmu, dan dengan akhlaq yang karimah (terpuji), kerangka berpikir santri akan lebih terarah dan lebih berorientasi ke depan.

Program unggulan MA Wahid Hasyim yang tak kalah penting ialah Tahfidzul Qur'an. Dengan adanya program tahfidz, seluruh siswa (santri) dapat memupuk dirinya dengan semangat qur'ani, sehingga mampu melahirkan generasi yang berkarakter dan berpegang teguh terhadap Al-Qur'an, karena bagaimanapun Al-Quran adalah relevansi Mahakarya yang berisikan firman Allah Swt. Hal ini tidak diragukan lagi guna menjawab berbagai macam tantangan zaman yang semakin kompleks. Termasuk tantangan dalam membentuk pribadi yang berkepercayaan diri tinggi dan menciptakan generasi islami nan qur'ani. Setiap tahunnya MA Wahid Hasyim selalu melahirkan siswa (santri) tahfidzul quran bil ghoib sebagai salah satu bentuk representasi dari 4 program unggulan.

Adapula program unggulan MA Wahid Hasyim yakni Penguasaan Bahasa Asing, yang lebih kami fokuskan pada 2 (dua) bahasa, yaitu arab dan inggris. Sebab keduanya dinilai sebagai bahasa yang universal (mengglobal) secara teori maupun praktiknya. Penguasaan bahasa asing sangatlah substansial bagi kehidupan generasi penerus bangsa, karena pentingnya penguasaan bahasa asing tidak hanya pada lingkup pembelajaran formal saja, namun juga akan mempermudah dalam kehidupan di masa mendatang, atau juga dalam pendidikan di jenjang yang selanjutnya. Seperti yang diutarakan Ludwig Weidgeinsten “Limit your language, limit your world.” Jelas ditegaskan disitu bahwasanya bahasa akan mempengaruhi ruang gerak kita, jadi secara tidak langsung bahasa yang kita kuasai juga akan mempengaruhi daya jelajah kita.

Penguasaan Kitab Kuning juga merupakan komponen penting Program unggulan MA Wahid Hasyim, walau notabene Pondok Pesantren Wahid Hasyim bukanlah pondok yang berbasis salaf, namun tidak berarti para siswa (santri) tidak mendapatkan kajian (pembelajaran) materi kitab kuning. Karena dalam ruang lingkup pembelajaran kami tidak hanya terfokus pada pengetahuan umum saja, namun juga sangat kami upayakan pengetahuan keagamaan (religiusitas) yang salah satunya mengacu pada pembekalan melalui kajian kitab kuning (kitab at-turats). Dengan adanya program kajian kitab kuning ini diharapkan para siswa (siswa) santri dapat mengetahui lebih kajian agama dari kitab-kitab yang dipelajari dan juga dapat menguasai kitab kuning selama 6 bulan.

0 komentar:

Posting Komentar