Profil MA Wahid Hasyim Yogyakarta


     Madrasah Aliyah (MA) Wahid Hasyim Yogyakarta merupakan lembaga pendidikan setingkat SLTA di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta. Selain menerapkan kurikulum berbasis Kemenag, MA Wahid Hasyim juga menerapkan kurikulum berbasis pesantren yang menjadi ciri khas dan keunggulannya. Meski menjadikan tradisi keilmuan pesantren sebagai pondasi utama pembelajaran, MA Wahid Hasyim tetap mengembangkan tradisi tersebut selaras dengan sistem pendidikan modern serta keilmuan kontemporer seperti sains, teknologi, sosial dan wawasan global. Sebagaimana wejangan K.H. Hasyim Asy'ari sikap santri dalam mengelola kehidupan:
الْمُحَافَظَةُ عَلَى الْقَدِيْمِ الصَّالِحِ وَالأَخْذُ بِالجَدِيْدِ الْأَصْلَحِ
Artinya: "Melestarikan tradisi lama yang baik dan mengadopsi hal baru (modern) yang lebih baik."
Oleh karena itu, kami menjunjung motto "Pendidikan Islam Modern Berbasis Pesantren, Pendidikan Pemimpin Bangsa."

     Semua itu demi mencetak generasi pemimpin bangsa yang beriman, berilmu, berakhlak mulia, berdedikasi dan berdisiplin tinggi. Memberikan sumbangsih besar dalam khidmah kepada agama, bangsa dan negara.

      Dalam rangka menciptakan generasi bangsa yang mumpuni dalam segala lini tersebut, Pondok Pesantren Wahid Hasyim memiliki empat visi yang sekaligus menjadi Progam unggulan MA, yakni:
  1. Penanaman akhlaqul karimah
  2. Tahfidzul Qur’an
  3. Pemahaman kitab kuning
  4. Penguasaan bahasa asing

0 komentar:

Posting Komentar