Ekstrakurikuler adalah wadah proposional dan progresif siswa. Program ekstrakurikuler merupakan program kegiatan siswa sebagai wadah pengembangan citra sekolah Wahid Hasyim dan juga sebagai wadah pengembangan potensi, minat dan bakat siswa.

  • Program Ekstrakurikuler

Pembagian program ekstrakurikuler SMA Sains Al-Quran tahun ajaran 2017/2018 adalah sebagai berikut:

  1. Olahraga
  2. Ketrampilan

Selanjutnya, penjelasan dari perencanaan program ekstrakurikuler MA Wahid Hasyim Yogyakarta pada tahun ajaran 2017/2018 adalah sebagai berikut:

  1. Olahraga

Program ekstrakurikuler Olahraga adalah program kegiatan siswa dalam bidang ekstra keolahragaan. Adapun bentuk kegiatan ekstrakurikuler olahraga yaitu; Sekolah Badminton, Silat, Taekwondo, Sepak Bola (SSB) dan Voli.

  1. Keterampilan

Program ekstrakurikuler Keterampilan adalah program kegiatan siswa dalam bidang ekstrakulikuler ketrampilan. Adapun bentuk kegiatan ekstrakurikuler keterampilan yaitu; Pidato Bahasa Inggris, Arab, dan Indonesia, Seni (Kaligrafi), Musik (Hadroh).

  • Unit Kegiatan Organisasi Siswa

Unit Kegiatan Siswa merupakan wadah organisasi siswa dalam pengembangan jiwa kepemimpinan (Leadership), dan pengembangan membuat jaringan (fundraising). Adapun perencanaan pembagian Unit Kegiatan Siswa tahun ajaran 2017/2018 adalah sebagai berikut.

  1. OSIS
  2. Rusanta/Rusanti
  3. Tim Jurnalistik Hadiah
  4. SLI (Student Language Improvement)